Jumat, 15 Januari 2021

RPP KD 3.1 dan 4.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 1)

 

 

Sekolah                   : SMK NEGERI 2 CILEGON

Mata Pelajaran        : ANALISIS KIMIA DASAR

Kelas/Semester      : X KIMIA ANALISIS/1

Alokasi Waktu       : 5 x 45 Menit (1 kali pertemuan)

 

A.  Kompetensi Inti

KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kimia Analisis  pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kimia Analisis. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

 

B.  Kompetensi Dasar

3.1 Menerapkan prosedur penyiapan laboratorium untuk analisis rutin

4.1 Menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin

 

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator KD pada KI pengetahuan

3.1.1        Menjelaskan pengertian laboratorium kimia

3.1.2        Menjelaskan fasilitas – fasilitas laboratorium

3.1.3        Menggunakan lemari asap untuk analisis rutin

 

Indikator KD pada KI keterampilan

4.3.1  Membersihkan area kerja di laboratorium.

 

D.  Tujuan Pembelajaran

1.     Setelah proses pembelajaran, siswa mampu menjelaskan pengertian laboratorium kimia dengan tepat.

2.     Setelah proses pembelajaran, siswa mampu menjelaskan fasilitas – fasilitas laboratorium dengan tepat.

3.    Setelah proses pembelajaran, siswa mampu menggunakan lemari asap untuk analisis rutin dengan tepat.

4.   Setelah proses pembelajaran, siswa mampu membersihkan area kerja di laboratorium dengan terampil.

 

E.   Materi Pembelajaran

Faktual

bahwa laboatorium kimia adalah suatu bangunan yang di dalamnya diperlengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan kimia untuk kepentingan pelaksanaan eksperimen. Dengan demikian keberadaan laboratorium baik di lingkungan industri, lembaga penelitian, maupun lembaga pendidikan sains merupakan prasarana dan sarana sangat penting.

 

Konseptual

Suatu lab kimia didesain sedemikian rupa sehinga memiliki komponen-komponen utama yaitu bangunan lab, fasilitas umum lab, peralatan eksperimen dan bahan kimia.

Bangunan lab terdiri dari ruang praktikum (practicals room), ruang persiapan (preparation room), ruang penyimpanan alat (equipment storage room), ruang penyimpanan bahan kimia (chemicals storage room), ruang timbang (weighting room), ruang instrumen (instruments room), ruang pembimbing (staff room), ruang bengkel (repair room), dan ruang kamar kecil (water closet). Tata letak satu ruang dengan ruang lainnya didasarkan atas prinsip memperlancar pekerjaan, memudahkan pemeliharaan, dan menjaga keselamatan kerja.

Di samping keberadaan jenis ruangan dan isinya yang dimiliki suatu laboratorium, kekayaan lab lainnya yang harus diketahui dan teradministrasikan adalah fasilitas umum. Fasilitas umum lab tersebut diantaranya adalah instalasi listrik, air, dan gas; meja praktikum; meja demonstrasi; meja tulis; kursi praktikum; Cabinet/lemari; lemari rak (shelves) ; lemari asap (fume hood); pemadam api; tanki gas; aqua demineralizer; bak cuci; bak pencuci mata; pompa vakum; komputer; telpon; jaringan internet; jam dinding; papan tulis; Overhead Projector (OHP); handycamp; slide projektor; Kit perbengkelan; Kit PPPK; Barometer ruangan; Termometer ruangan; lemari es, dll. Instalasi listrik, air, dan gas merupakan fasilitas laboratorium (kimia) yang sangat penting.

 

Prosedural

Di laboratorium kimia, keberadaan lemari asap (fume hood) merupakan suatu keharusan, karena di laboratorium ini banyak melibatkan bahan kimia yang menghasilkan gas. Oleh karena itu lemari asap digunakan untuk menyimpan bahan kimia mudah menguap yang akan digunakan pada saat itu, tempat mereaksikan bahan kimia yang menghasilkan gas, partikulat, atau tempat mereaksikan bahan yang mudah meledak seperti penggunaan asam atau senyawa perklorat. Bahan kimia padat tidak disimpan dalam lemari asap, demikian pula jangan dipakai menyimpan bahan kimia dalam waktu lama. Lemari asap ini penting untuk menjaga keselamatan kerja di lab kimia, maka dari itu kondisi lemari asap harus selalu dijaga agar dapat berfungsi setiap saat terutama berfungsinya pengisap gas (blower).

 

F.  Pendekatan, Model dan Metode

1.   Pendekatan        : Saintifik

2.   Model                 : Discovery Learning

3.   Metode               : Diskusi, penugasan dan Unjuk Kerja

 

G.  Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

·         Media dan alat belajar:

Gambar, laptop dan infocus

·         Sumber Belajar:

Modul Analisis Kimia Dasar SMKN 2 Cilegon

 

H. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Langkah-Langkah

Waktu

Pendahuluan

a.      Siswa merespon salam dari guru dilanjutkan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang siswa.

b.      Siswa merespon guru dalam memeriksa kehadiran siswa.

c.      Siswa mendengarkan informasi yang disampaikan guru dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu melalui diskusi mengenai materi menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin.

d.      Siswa mendengarkan guru memberikan apersepsi dengan  mengajukan pertanyaan kepada siswa, ”Apa yang kalian ketahui tentang analisis kimia? Dimanakah kita bisa melakukan analisis kimia tersebut?”

e.      Siswa mendengarkan guru menyampaikan motivasi kepada siswa, ”bahwa ilmu pengetahuan semakin berkembang, kita dapat memberikan inovasi inovasi terbaru melalui eksperimen, maka melalui kegiatan laboratorium siswa diberi kesempatan untuk memenuhi dorongan rasa ingin tahu dan ingin bisa.”

f.       Siswa mendapatkan informasi dari guru mengenai kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.

 

15 Menit

Inti

 

 

 

 

Pemberian rangsangan (Stimulation)

Pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)

Pengumpulan data (Data Collection)

 

 

Pembuktian (Verification)

Menarik simpulan/generalisasi (Generalization)

a.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 4–5 siswa dan siswa diminta untuk duduk bersama-sama kelompoknya masing-masing

b.      Siswa melihat gambar laboratorium kimia melalui bahan tayangan power point.

c.      Guru mengajukan pertanyaan ”Apa yang kalian ketahui tentang laboratorium kimia?”

d.      Guru menugaskan siswa untuk membaca buku dan berdiskusi mengenai fasilitas yang harus ada dalam menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin.

e.      Siswa membaca buku dan berdiskusi berkaitan dengan materi yang ditentukan.

f.       Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi, siswa merumuskan fasilitas – fasilitas di laboratorium.

g.      Siswa mencatat informasi yang diperoleh pada buku siswa.

h.      Guru menugaskan siswa untuk menyampaikan hasil diskusi

i.        Siswa menilai hasil pekerjaan yang telah dikerjakan oleh temannya.

j.        Guru mengkonfirmasi hasil pekerjaan yang telah dikerjakan siswa.

 

195 Menit

Penutup

a.       Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari itu (apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran).

b.      Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya akan pembelajaran hari ini.

c.       Menyampaikan informasi pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang yaitu mengenai Keselamatan dan kesehatan Kerja.

15 Menit

I.  Penilaian Proses dan Hasil

 

Teknik

Bentuk Instrumen

Tes Tulis

Tes uraian

Tes Praktik

Tes unjuk kerja

 

Instrumen Pengetahuan:

1.        Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai laboratorium kimia!

2.     Jelaskan fasilitas – fasilitas apa saja yang harus ada di laboratorium sehingga dapat digunakan untuk analisis rutin!

3.        Tuliskan bagaimana menggunakan lemari asap untuk analisis rutin!

  

Kunci Jawaban:

1.        Laboatorium kimia adalah suatu bangunan yang di dalamnya diperlengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan kimia untuk kepentingan pelaksanaan eksperimen.

2.        Fasilitas – fasilitas yang harus ada antara lain: instalasi listrik, air, dan gas; meja praktikum; meja demonstrasi; meja tulis; kursi praktikum; Cabinet/lemari; lemari rak (shelves) ; lemari asap (fume hood); pemadam api; tanki gas; aqua demineralizer; bak cuci; bak pencuci mata; pompa vakum; komputer; telpon; jaringan internet; jam dinding; papan tulis; Kit perbengkelan; Kit PPPK; Barometer ruangan; Termometer ruangan; lemari es.

3.        lemari asap digunakan untuk menyimpan bahan kimia mudah menguap yang akan digunakan pada saat itu, tempat mereaksikan bahan kimia yang menghasilkan gas, partikulat, atau tempat mereaksikan bahan yang mudah meledak seperti penggunaan asam atau senyawa perklorat. Bahan kimia padat tidak disimpan dalam lemari asap, demikian pula jangan dipakai menyimpan bahan kimia dalam waktu lama. Dalam menggunakan lemari asap blower harus dinyalakan agar berfungsi untuk menghisap gas yang dihasilkan.

Pedoman Penskoran :

No Soal

Skor Maksimal

1

5

2

5

3

5

Total Skor Maksimal

15

  

Pedoman penilaian :

Rubrik soal no. 1 – 3 :

No.

Aspek Penilaian

Skor

1.

2.

3.

4.

 

Menjawab secara lengkap

Menjawab secara kurang lengkap

Asal menjawab

Tidak menjawab

5

3

1

0

 

Cara Penilaian:



 

 

 

 

 

 Instrumen Keterampilan

Rubrik penilaian keterampilan

No

aspek

Penilaian

1

2

3

4

1

Cara membersihkan area kerja

 

 

 

 

2

Cara menuliskan data hasil pengamatan

 

 

 

 

3

Kecepatan dan ketepatan dalam membersihkan area kerja

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran:

·      Cara membersihkan area kerja

Skor 4: Jika seluruh area kerja dibersihkan sesuai dengan prosedur

Skor 3: Jika sebagian besar area kerja dibersihkan sesuai dengan prosedur

Skor 2: Jika sebagian kecil area kerja dibersihkan sesuai dengan prosedur

Skor 1: Jika area kerja tidak dibersihkan sesuai dengan prosedur

·      Cara menuliskan data hasil pengamatan

Skor 4: Jika seluruh data hasil pengamatan dapat dituliskan dengan benar

Skor 3: Jika sebagian besar data hasil pengamatan dapat dituliskan dengan benar

Skor 2: Jika sebagian kecil data hasil pengamatan dapat dituliskan dengan benar

Skor 1: Jika tidak ada data hasil pengamatan yang dapat dituliskan dengan benar

·      Kecepatan dan ketepatan dalam membersihkan area kerja

Skor 4 : Jika seluruh area kerja dibersihkan dengan cepat dan tepat

Skor 3 : Jika sebagian besar area kerja dibersihkan dengan cepat dan tepat

Skor 2 : Jika sebagian kecil area kerja dibersihkan dengan cepat dan tepat

Skor 1 : Jika tidak ada hasil area kerja yang dibersihkan dengan cepat dan tepat

 

Cara Penilaian:

 



 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 2 Cilegon

 

 

 

 

Udin Tusminurdin, S.Pd

NIP. 19661001 198602 1 002

Cilegon, Juli 2019

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Retno Kusumaningsih, S.T

NIP. 19700621 201406 2 001







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan Larutan / Reagensia

KD 3.20. Menganalisis sifat-sifat bahan kimia dalam pembuatan larutan / reagensia KD 4.20. Membuat larutan standar dan larutan pereaksi